Jumat, 19 September 2008

ANALISIS JURNAL

JUDUL : PENGARUH IKLIM ORGANISASI & KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI RS. DR. MOEWARDI

NAMA PENGARANG: Masnurhadi
TAHUN : 2006
ALAMAT : eprints.ums.ac.id/831/I/ artikel_5_Mas_Nurhadi_2.pdf

LATAR BELAKANG
Faktor yang mempengaruhi produktivitas karyawan diantaranya motivasi, disiplin kerja, dan upah yang diberikan. Faktor-faktor tersebut sangat penting dalam setiap organisasi yang dibutuhkan untuk menjaga aktivitas dan prestasi kerja karyawan sehingga yang dapat menunjang ketercapaian produktivitas kerja yang tinggi.

MASALAH
Seberapa besar pengaruh iklim organisasi dan kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan di Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta.

TUJUAN
Mengetahui pengaruh iklim organisasi dan kompensasi terhadap produktivitas kerja

METODOLOGI
- Populasi adalah tenaga administrasiberjumlah 423 orang. Sedangkan jumlah sampel sebesar 64 karyawan.
- Teknik pengumpulan data berupa data primer(kuesioner), dan data sekunder(buku-buku referensi perusahaan)
- Teknik analisis data adalah metode regresi berganda OLS (Ordinary Least Square)

PEMBAHASAN
1. Uji-T
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa (a) koefisien regresi untuk variabel iklim organisasi sebesar 0,484 dan t-hitung=2,958 dengan tingkat signifikansi sebesar(0,004).Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel iklim organisasi;(b) koefisien regresi untuk variabel kompensasi sebesar 0,604 dan t-hitung=3,480 dengan tingkat signifikansi sebesar (0,001).Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif variabel kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan.

2. Uji-F
Hasil analisis menunjukkan nilai-F adalah 65,849 > 4,maka semua variabel independen yaitu Iklim Organisasi dan Kompensasi secara serentak dan signifikan mempengaruhi Produktivitas Kerja.

3. Koefisien determinasi (R2 )
Hasil analissis menunjukkan nilai R2 adalah 0,683 atau 68,3%pada variabel independen dapat menerangkan variasi variabel dependen(produktivitas kerja),dan sisanya 31,7 % variable residualnya.


KESIMPULAN
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel iklim organisasi terbukti memiliki pengaruh positif terhadap produktivitas kerja. Artinya, jika iklim organisasi semakin baik maka produktivitas kerja karyawan juga meningkat dan Variabel kompensasi terbukti memiliki pengaruh positif terhadap produktivitas kerja karyawan. Artinya jika kompensasi meningkat maka produktivitas kerja karyawan di RSUD Dr. Moewardi juga meningkat.
.

0 komentar: