Jumat, 19 Desember 2008

PROPOSAL PENELITIAN

PROPOSAL PENELITIAN
RESTORAN STEAK & RIBS KENYOT CORP.

Oleh : RIAN 3EA01/10206806
rian10206806.wordpress.com


Tema Penelitian
Kepuasan konsumen

Judul Penelitian
“Pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan pada Restoran Steak& Ribs Kenyot Corp.”


1. LATAR BELAKANG
Dewasa ini banyak terdapat produk baik berupa barang maupun jasa yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, dalam memperkenalkan produk tersebut bagian yang paling penting adalah bagaimana melakukan pemasaran produk tersebut dengan baik. Program promosi merupakan saluran primer bagi komunikasi pesan kepada konsumen baik konsumen yang ada maupun nasabah potensial ( Stanton, 1996). Hal ini menuntut pihak penyedia jasa untuk mencermati strategi-strategi yang tepat dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Karena konsumen dapat mengenal produk ataupun jasa suatu penyedia melalui sistem pemasaran yang berhasil telah dilakukan oleh penyedia jasa dan produk tersebut.
Dalam menilai keberhasilan pemasaran dapt dilihat dari perilaku konsumen atas kepuasan terhadap pelayanan serta promosi yang dilakukan oleh penyedia jasa dan produk.
Kepuasan konsumen sendiri diartikan sebagai suatu keadaan dimana harapan konsumen terhadap suatu jasa sesuai dengan kenyataan yang diterima oleh konsumen tersebut tentang kemampuan jasa tersebut. Jika jasa tersebut jauh dibawah harapan konsumen maka ia akan kecewa. Sebaliknya jika jasa tersebut memenuhi harapan konsumen, maka ia akan senang. Harapan-harapan konsumen ini dapat diketahui dari pengalaman mereka sendiri saat menggunakan jasa tersebut.



2. PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penelitian ini masalah pokok yang hendak di teliti dan anlisis adalah mengenai bagaimana tingkat pengaruh faktor bauran pemasaran yaitu Produk, Pelayanan, dan Promositerhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan pada restoran Steak&Ribs Kenyot Corp?


3. TUJUAN PENELITIAN
untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pengaruh faktor bauran pemasaran yaitu Produk, Pelayanan, dan Promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan pada restoran Steak&Ribs Kenyot Corp.

4. MANFAAT PENELITIAN

Sebagai dasar untuk mengetahui tingkat jumlah pelanggan dan meningkatkan strategi penjualan, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran Produk, Pelayanan, dan Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan Restoran Steak and Ribs Kenyot Corp.

5. TINJAUAN PUSTAKA
Pemasaran suatu produk yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada dasarnya mengupayakan agar produk tersebut lebih dekat dengan konsumen.
Salah satu unsur pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan pengelolaan produk dan promotion mix (Oktobrino, 2003). Pengelolaan produk lebih menekankan bahwa pelanggan memerlukan jenis-jenis dan fasilitas layanan tertentu, seperti variable kualitas makanan, jenis menu dan sajian makanan, hadiah dan pelayanan. Sedangkan promotion mix adalah variable promosi yang menggunakan kombinasi iklan, sales promotion dan personal selling.
Menurut Juanda (2005) factor yang menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam memilih restoran dan café adalah produk, pelayanan, promosi. Produk mencerminkan persepsi nasabah terhadap variasi dan kualitas produk serta jasa yang diberikan oleh restoran serta persepsi kualitas pelayanan para karyawannya sedangkan promosi mencerminkan persepsi pelanggan terhadap kegiatan sales promotion dan personal selling yang dilakukan.


6. METODE PENELITIAN

6.1 Model
dalam penelitian ini menggunakan model deskriptif. Adalah model yang menggambarkan variable independent ataupun dependent.

6.2 Objek Penelitian
Objek penelitian ini adalah kegiatan promosi yang dilakukan manajemen restoran Steak&Ribs Kenyot Corp terhadap para konsumen.


6.3 metode pengumpulan data
Data diperoleh dari data primer yaitu langsung dari pelanggan berupa pemberian kuisioner.

6.4 Data / Variabel yang Digunakan

Sesuai dengan tujuan penelitian ini, variable yang akan diuji meliputi variable Dependen (Y) yaitu Kepuasan Konsumen dan variabel Independen (X) yaitu Produk (X1), Pelayanan (X2), dan Promosi (X3).

7.4 Populasi dan Sampel

7.4.1 Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan dan konsumen potensial restoran Steak&Ribs.

7.4.2 Sampel
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang diambil secara acak.

7.5 Variabel
- Variasi makanan
- Pelayanan
- Promosi yang dilakukan

7.6 Indikator
- Kepuasan pelanggan
- Jumlah kedatangan pelanggan tetap dan konsumen potensial.

8. Alat Analisis yang Digunakan

Penelkitian ini menggunakan alat analisis berupa Skala Likert

Skala Likert tersebut adalah teknik pengukuran sikap yang paling luas digunakan dalam riset pemasaran. Skala Likert disebut juga summated rating scale. Skala Likert memungkinkan responden untuk mengepresikan intensitas perasaan mereka secara lebih luas. Hal ini dimungkinkan karena pertanyaan yang terdapat dalam Skala Likert memiliki jawaban berjenjang atau dengan kata lain memilikikemungkinan jawaban yang lebih banyak.

Dalam penelitian ini untuk mengukur variabel-variabel digunakan kuisioner dengan pendekatan “Skala Likert” dengan lima (5)angka yaitu :

Sangat Puas dengan skor 5.

Puas dengan skor 4.

Kurang Puas dengan sskor 3.

Tidak Puas dengan skor 2.

Sangat Tidak Puas dengan skor 1.



9. RANCANGAN ANALISIS
Rancangan penelitian menunjukkan kegiatan yang dilakukan oleh peneliti mulai dari perumusan hipotesis sampai pada analisis data.

Penelitian ini merupakan metode penelitian survey yaitu suatu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan mengandalkan kuisioner sebagai instrumen pengumpulan data. Dengan demikian penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis.


10. KESIMPULAN
Promosi akan mempengaruhi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan restoran secara signifikan. Bentuk promosi harus ditingkatkan serta di evaluasi setiap bulan dalam tujuan mempertahankan serta menambah jumlah pelanggan.
jenis promosi yang dapat dilakukan dengan Personal selling (pengiklanan) dengan cara lebih meningkatkan pesan yang dikomunikasikan kepada pelanggan melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Dengan cara itu,akan menambah lagi jumlah pelanggan yang datang.



9. Usulan strategi
Manajemen restoran dapat melakukan suatu bentuk promosi yang bervariasi menurut keadaan yang konsumen inginkan. Seperti:

1. pada akhir bulan manajemen memberikan diskon kepada pelanggannya akan menambah jumlah pelanggan yang datang karena menu murah..
2. Menu baru yang disajikan berbeda setiap bulan menambah variasi minat pelanggan.
3. Dekorasi ruangan sesuai hari-hari special ( tahun baru, valentine).
4. Pelatihan khusus kepada pelayan restoran.
5. Dengan cara membuat kotak saran dan kritik agar kepada para pelanggan yang telah datang untuk segera mengisi sehingga manajemen lebih tahu

2 komentar:

h3nDrYYyyy,,^_^ mengatakan...

mau kemana????waahhahahha

Unknown mengatakan...

Good work..... but your work didn't clearly describes research motivation and research model.

Rgds
Prihantoro