Minggu, 04 Oktober 2009

Tahap -tahap dalam Praktek Pemasaran

berikut 3 (tiga) tahap yang mungkin dilewati oleh praktek pemasaran:

1.Pemasaran enterpreneural: awal seorang enterpreneur masuk ke dunia pemasaran


Pemasaran Enterpreneural, kebanyakan perusahaan dimulai oleh individu- individu yang hidup dengan kebijaksanaan mereka. Mereka memvisualisasikan sebuah peluang dan mengetuk setiap pintu untuk mendapatkan perhatian.
Contoh: Adalah seorang Jim Koch, pendiri Boston Beer dengan birnya yang bermerk Samuel Adams mendatangi setiap bar untuk membujuk agar bar itu mau memasukkan Samuel Adams ke dalam daftar menu mereka. Pemasaran langsung ini dilakukan selama 10 tahun, karena ia tidak memiliki anggaran periklanan. Sekarang ia sudah menjadi leader di bisnis ini.

2.Pemasaran yang terumuskan(Formulated Marketing): setelah berhasil menjadi enterpreneur harus beralih ke formulated
Pemasaran yang terumuskan, ketika perusahaan kecil mencapai kesuksesan, mereka tidak bisa tidak harus beralih ke arah pemasaran yang lebih terumus.
Contoh: Boston Beer baru-baru ini mengeluarkan uang sebesar $15 juta untuk belanja iklannya. Perusahaan itu juga mempekerjakan 175 tenaga penjual dan memiliki sebuah departemen pemasaran yang biasa melakukan riset pemasaran.

3.Interpreneurial marketing: setelah berhasil pada formulated perusahaan harus beralih ke enterpreneurial
Pemasaran Interpreneurial, banyak perusahaan besar yang terjebak dalam pemasaran yang terumuskan. Perusahaan-perusahaan itu tidak lagi mempunyai kreativitas dan kegairahan seperti lazim dimiliki oleh para pemasar gerilya tahap pertama atau tahap enterpreneural.









Kewirausahaan mengacu pada perilaku yang meliputi:

Pengambilan inisiatif,
Mengorganisasi dan mengorganisasi kembali mekanisme sosial dan ekonomi untuk mengubah sumber daya dan situasi pada perhitungan praktis
Penerimaan terhadap resiko dan kegagalan.

Tipe – tipe kemampuan yang dibutuhkan entrepreneur/Wirausaha :
1. Kemampuan Entrepreneur seseorang :
a. Mempunyai disiplin
b. Percaya diri
c. Berani memulai
d. Inovator
e. Perubahan
f. Teguh / Pantang Menyerah
g. Visi
h. Kemampuan untuk memimpin
i. Network building
j. Mempunyai tim
k. Inter personal
2. Bisnis Management Skill :
a. Berani membuat keputusan
b. Human person
c. Marketing / Pemasaran
d. Accounting / Akutansi
e. Management
f. Kontrol
g. Negosiasi
h. Pengembangan usaha
i. Pengembangan management

0 komentar: