Jumat, 05 Maret 2010

Siklus Waktu Kalender Tionghoa

Kalender lunar/Imlek dibuat berdasarkan siklus dari bulan, formatnya berbeda dari kalender Gregorian yang berpatokan silus matahari, sedangkan konsep waktu barat diwakili dengan bintang-bintang.
Dalam kalender tionghoa, awal tahun dimulai antara akhir januari dan awal februari, itulah mengapa perayaan tahun baru imlek selalu berbeda stiap tahu. Metode yang populer dimana kita dapat melihat metode siklus ini adalah perekaman tahun ke dalam dua belas tanda hewan, atau shi er sheng xiao atau cap ji shio. Setiap tahun ditandai dengan kombinasi nama binatang atau shio yang dikenal dengan istilah 12 di zhi (12 cabang bumi) dan 10 thian gan (10 batang langit).
Kedua belas cabang bumi ialah Tikus,Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi. Kesepuluh batang langit ialah Yang Kayu, Yin Kayu, Yang api, Yin api, Yang Tanah, Yin tanah, Yang logam, Yin logm, Yang air dan yin air. Oleh karena itu, setiap dua belas tahun binatang atau shio yang sama akan muncul.
Tahun 2010 ini, tahun baru imlek jatuh pada 14 Februari lalu yang bertepatan dengan Valentine Day. Kali ini adalah tahun macan berunsur logam, (populer disebut sebagai tahun macan emas).

0 komentar: